TAZKIRAH : NIKMAT HUJAN

TAZKIRAH : NIKMAT HUJAN

Waktu turunnya hujan adalah waktu emas untuk kita berdoa.

Sebahagian orang ketika memperhatikan hujan, ada yang sampai kegelisahan. Apatah lagi jika turunnya hujan dirasakan seolah-olah mengganggu aktivitinya, mungkin ada mesyuarat, temu janji atau yang lainnya. Sehingga ada yang mengeluh, mengeluh dan terus mengeluh. Padahal jika kita merenung dan memahami hadis-hadis Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam, waktu hujan turun adalah saat mustajabnya doa, maksudnya doa kita semakin mudah dikabulkan oleh Allah.

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ
Dua doa yang tidak akan ditolak: [1] doa ketika adzan dan [2] doa ketika ketika turunnya hujan.
(Hadis Riwayat Al Hakim dan Al Baihaqi)

Doa yang amat baik dibaca kala itu adalah memohon diturunkannya hujan yang bermanfaat. Doa yang dipanjatkan adalah,
اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً
Allahumma shoyyiban naafi’aa [Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat].

Itulah yang Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ucapkan ketika melihat turunnya hujan. Hal ini berdasarkan hadits dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ « اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”.
(Hadis Riwayat Bukhari)

Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadis ini menganjurkan kita untuk berdoa ketika turunnya hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu juga semakin bertambahnya banyak kemanfaatan.”

Semoga dengan turunnya hujan membuatkan kita semakin bersyukur, bukan mengeluh. Manfaatkanlah moment tersebut untuk banyak memohon segala hajat pada Allah Ta’ala berkaitan urusan dunia dan akhirat. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mendoakan kebaikan diri, isteri, anak, kerabat serta kaum muslimin lainnya.






No comments