TAZKIRAH : PENEMAN DI ALAM KUBUR




Tiga yang menemani kita sampai ke kubur, dua akan pulang, satu akan tetap menemani kita di alam kubur.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَتْبَعُ الْمَيِّتَ ثَلاَثَةٌ ، فَيَرْجِعُ اثْنَانِ وَيَبْقَى مَعَهُ وَاحِدٌ ، يَتْبَعُهُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَعَمَلُهُ ، فَيَرْجِعُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ ، وَيَبْقَى عَمَلُهُ
Yang mengikuti mayat sampai ke kubur ada tiga, dua akan kembali dan satu tetap bersamanya di kubur. Yang mengikutinya adalah keluarga, harta dan amalnya. Yang kembali adalah keluarga dan hartanya. Sedangkan yang tetap bersamanya di kubur adalah amalnya.”
(Hadis Riwayat Bukhari & Muslim)

Ibnu Hajar rahimahullah berkata,

قَوْلُهُ ( يَتْبَعُهُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَعَمَلُهُ ) هَذَا يَقَعُ فِي الْأَغْلَبِ ، وَرُبَّ مَيِّتٍ لَا يَتْبَعُهُ إِلَّا عَمَلُهُ فَقَطْ
“Mayat akan diikuti oleh keluarga, harta dan amalnya. Itu adalah umumnya. Boleh jadi ada mayat yang hanya diikuti oleh amalnya saja, tanpa membawa harta dan keluarga ketika dihantar ke kuburan.”
(Fath Al-Bari, 11: 365)

Disebutkan dalam hadis Al-Bara’ bin ‘Azib yang panjang tentang pertanyaan di alam kubur. Ada ketika itu datang seseorang yang berwajah tampan dan berpakaian bagus, baunya pun wangi. Ia adalah wujud dari amalan soleh seorang hamba. Sedangkan orang kafir didatangi oleh orang yang berwajah hodoh. Itu adalah wujud dari amalan buruknya. (Hadis Riwayat Ahmad)

Lantas amal kita bagaimana? Sudahkah kita bersiap dengan amalan untuk menemani kita kelak di alam kubur?




No comments